28 Januari 2012

Kanker Tulang

Kanker tulang ada dua macam yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang metastatik. Kanker tulang primer adalah kanker yang berasal dari tulang. Kanker tulang metastatik adalah kanker yang berasal dari organ lain yang menyebar ke tulang.

Kanker tulang paling sering terjadi pada anak-anak dan orang muda. Enam puluh persen penderita kanker berusia di bawah 20 tahun. Kanker tulang paling banyak terjadi pada pangkal tulang paha, lutut, serta di dalam tulang kering. Penyebab belum diketahui. Salah satu pemicu terjadinya kanker tulang yaitu paparan sinar pengion pada masa lampau.

Gejala

Keluhan yang dirasakan penderita kanker tulang yaitu rasa nyeri pada tulang dan berlangsung dalam waktu lama. Setelah sel kanker tumbuh, terlihat adanya pembengkakan pada tulang. Pertumbuhan sel kanker ini menyebabkan panderita mudah mengalami patah tulang.

Adanya tumor atau kanker pada tulang dapat diketahui melalui pemeriksaan rontgen. Untuk mengetahui perluasan sel-sel tumor secara tepat, diperlukan pemeriksaan CT-scan dan MRI-paru. Sifat dan keganasan sel tumor dapat diketahui melalui pemeriksaan biopsi.

Pengobatan

Selama tidak ada metasis ke paru-paru, penyembuhan dilakukan dengan cara amputasi/pemotongan bagian tulang yang terkena kanker. Sebelum pembedahan, biasanya dilakukan kemoterapi agar ukuran tumor mengecil. Selanjutnya setelah operasi juga dilakukan kemoterapi untuk mematikan sisa-sisa sel kanker yang mungkin masih ada di daerah tulang yang telah dioperasi. Jika belum terjadi penyebaran ke paru-paru, angka harapan hidup penderita sekitar 60%.