28 Januari 2012

Kanker Otak

Dilihat dari angka kejadiannya, penderita kanker otak masih rendah yakni 6 per 100.000 dari pasien tumor/kanker pertahun. Namun penyakit tersebut sangat menakutkan bagi sebagian besar orang. Walaupun tumor yang menyerang otak termasuk jenis tumor jinak, tingkat bahaya yang ditimbulkan umumnya lebih besar dari pada yang menyerang bagian tubuh lain.

Penyebab

Tumbuhnya sel-sel di bagian otak yang tidak normal ini memang menakutkan. Penyebab pasti dari kanker otak belum diketahui secara tepat, tetapi berbagai faktor telah diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker. Faktor risiko pencetus tumor otak ini bisa karena riwayat keluarga, radiasi, zat kimia, pola makan, obat-obatan tertentu, dan asap rokok.

Gejala

Kanker otak bisa muncul tanpa gejala yang berarti, tetapi sering pula ditandai dengan gejala-gejala seperti pusing, muntah, serta gangguan penglihatan, kesadaran, pendengaran, berjalan, dan saraf. Rontgen tulang tengkorak dan otak hanya memberikan sedikit gambaran mengenai tumor otak. Semua jenis tumor otak biasanya bisa terlihat pada CT-scan. Ukuran dan letak tumor otak secara pasti juga dapat dilihat melalui CT-scan.

Pengobatan

Pengobatan tumor otak tergantung kepada lokasi dan jenisnya. Jika memungkinkan tumor diangkat melalui pembedahan. Pembedahan kadang-kadang menyebabkan kerusakan otak yang bisa menimbulkan kelumpuhan pada bagian tubuh tertentu, perubahan rasa, kelemahan, dan gangguan kecerdasan. Namun, pembedahan harus dilakukan jika pertumbuhannya merusak otak. Meskipun pengangkatan tumor tidak dapat menyembuhkan kanker, tetapi bisa mengurangi ukuran tumor, meringankan gejala, dan membantu menentukan jenis tumor serta pengobatan lainnya.

Beberapa tumor jinak harus diangkat melalui pembedahan karena mereka terus tumbuh di dalam rongga sempit dan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah atau kematian. Tumor ganas diobati dengan pembedahan, terapi penyinaran dan kemoterapi. Terapi penyinaran dilakukan setelah sebagian besar bagian tumor diangkat melalui pembedahan. Terapi penyinaran tidak dapat menyembuhkan tumor tetapi membantu memperkecil ukuran tumor sehingga tumor dapat dikendalikan. Kemoterapi digunakan untuk mengobati beberapa jenis kanker otak. Kanker otak primer maupun kanker otak metastatik memberikan respon yang baik terhadap kemoterapi.